Rabu, 13 Februari 2013

Mahasiswa Dan Organisasi


Setelah menempuh jenjang pendidikan yang cukup panjang dari mulai bangku sekolah dasar sampai bangku SMA, ada satu jenjang pendidikan lagi yang perlu ditempuh jika hidup kita ingin sukses, begitu orang mengatakan. Jenjang tersebut adalah jenjang perguruan tinggi, terlepas fakultas atau jurusan apa yang menjadi pilihan, intinya kita bisa kuliah. Maka dari itu bukanlah merupakan hal yang aneh lagi jika kampus-kampus favorit menjadi target calon-calon mahasiswa di setiap tahunnya.
Biasanya, seorang mahasiswa begitu bangga dengan label Mahasiswa yang melekat pada dirinya setelah mereka resmi diterima di salah satu perguruan tinggi. Mereka tidak menyadari, bahwa jika dikaji lebih mendalam ternyata di pundak mahasiswa tersebut ada sebuah amanah yang diberikan masyarakat dan peranan yang harus mereka jalankan.
Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, mahasiswa merupakan salah satu alat untuk menilai jalannya pemerintah. Saya yakin sejak kecil pun kita telah mengetahui kegiatan mahasiswa yang sering berdemonstrasi dalam mengkritik pemerintah, mendukung ataupun menentang kebijakan-kebijakan hanya saja kita belum begitu faham akan fungsi mahasiswa.
Sekarang, kita yang duduk di bangku kuliah itu dan menjadi mahasiswa. Sempatkah terpikir dalam benak kita agar kita mampu menjadi mahasiswa-mahasiswa yang dapat memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara kita? Lantas bagaimana caranya?
Tidak dapat kita pungkiri bahwa kuliah itu terasa membosankan apalagi dengan tugas-tugas yang terus berdatangan dari masing-masing dosen. Apakah dengan kita rajin masuk, rajin mengerjakan tugas dan mengumpulkannya kita sudah memberi kontribusi bagi negara kita? Di luar kampus sana, ada sebuah wadah yang akan mampu membentuk kita menjadi mahasiswa yang dapat memberikan kontribusi bagi bangsa kita, wadah yang mampu memberikan solusi- solusi dalam mengatasi problematika di kampus, wadah yang mengajak kita agar kita tidak hanya memikirkan diri sendiri, wadah yang mengajak kita untuk turut serta memikirkan nasib bangsa dan negara yang kita cintai ini, wadah yang akan menbentuk kita menjadi mahasiswa yang berbeda dari mahasiswa lainnya, wadah yang mengantarkan kita menuju keberhasilan.
Apakah wadah yang sangat bermanfa’at itu? Dialah ORGANISASI.
Sebagai wadah yang bersifat di luar kampus, organisasi akan merangkul mahasiswa dan mengarahkan mereka agar dapat merealisasikan ilmu-ilmu serta mengaktualisasikan diri dalam kehidupan yang penuh dengan persaingan ini. Melalui organisasi pun kita mampu untuk bisa berinteraksi dengan lingkungan sosial secara lebih luas.
Menurut penilaian saya, selalu ada perbedaan antara mahasiswa yang berorganisasi dan mahasiswa yang hanya kuliah saja tanpa melibatkan dirinya dalam organisasi. Mulai dari segi pemikiran, sikap dan hal lainnya. Hal ini tercermin dalam kepribadian mereka masing-masing. Namun sejauh ini memang kembali pada masing- masing pribadi dalam memnfa’atkan status mereka sebagai anggota suatu organisai. Kita dapat mengklasifikasiakan lagi mahasiswa yang berorganisasi, ada dua tipe. Tipe yang pertama mahasiswa yang hanya sekedar jadi anggota dan mahasiswa yang bersungguh-sungguh dalam menjalankan amanah mereka di dalam organisai tersebut. Hal demikian pun akan menimbulkan perbedaan yang cikup signifikan antara keduanya.
Secara umum, melalui organisasi mahasiswa akan dididik untuk maju, berkembang dan kritis akan berbagai problematika bangsa dan negara. Dengan berorganisasi kita akan mampu untuk turun ke jalan untuk mewakili rakyat. menyampaikan pesan-pesan mereka terhadap pemerintah. Selain itu, kita juga turun ke jalan untuk penggalangan dana bagi korban bencana alam ataupun meminta sumbangan lainnya untuk suatu kepentingan yang tentunya jelas.  Oleh karena itu, bergabunglah dengan organisasi. Jangan mengaku mahasiswa sebelum mmelibatkan diri dan berusaha aktif di organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar